Pemasaran Online

BAB 1 PENDAHULUAN

A. Deskripsi
Perkembangan teknologi membuat manusia mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Salah satu implementasinya adalah internet. Internet begitu cepat berkembang mulai dari layanan e-mail, web, mesin pencari, chating sampai pada melakukan video conference. Internet kemudian menjadi salah satu aspek dasar berkembangnya dunia pemasaran. Diistilahkan denga marketing online, emarketing atau internet marketing. Marketing online merupakan perpaduan internet dan proses pemasaran. Mulai dari perusahaan kecil, menengah sampai besar memanfaatkannya untuk sarana penjualan produk online yang jumlahnya sangat banyak.
Di Indonesia saja kita dapat merasakan kehadiran online shop yang memudahkan kita untuk berbelanja. Tidak perlu repot-repot pergi kesana kemari untuk membeli suatu barang, hanya dengan sebuah komputer dan jaringan internet yang tersambung, kita sudah dapat melakukan pembelian suatu barang menggunakan kartu kredit atau dengan mentransfer uang sejumlah harga barang yang terpampang pada website toko online tersebut tanpa harus mengeluarkan ongkos untuk pergi ke suatu toko yang jauh atau harus membuang sekian jam di jalan menuju toko tersebut. Bicara tentang marketing online itu sendiri adalah sebuah konsep marketing yang dipindahkan ke dalam wadah online atau menggunakan jaringan internet. Perbedaan marketing biasa dengan online adalah pada efisiensi dan efektivitas strategi marketing itu sendiri. Berhubung saat ini orang sudah banyak yang melek teknologi internet, tentunya strategi marketing secara
online akan berbeda bahkan lebih besar kemungkinan berhasilnya dibandingkan dengan tidak online. Dalam buku ini disajikan mulai dari konsep marketing online, membuat website, teknik menaikkan ranking pengunjung, melakukan pemasaran di media sosial, membuat dan menggunakan email marketing serta teknik pembuatan atau penggunaan iklan pay per click.

B. Prasyarat
Untuk mempelajari buku ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya adalah.
1. Mengoperasikan periferal komputer.
2. Mengoperasikan komputer dengan sistem operasi berbasis GUI.
3. Mengoperasikan perangkat lunak paket aplikasi office (pengolah kata,angka dan presentasi).
4. Mengoperasikan internet.

C. Petunjuk Penggunaan
Agar Anda dapat mempelajari buku ini lebih baik perhatikan petunjuk berikut.
1. Baca dan pahami buku ini mulai dari halaman pertama.
2. Pahami istilah-istilah yang terdapat pada glosarI.
3. Pahami setiap tujuan dari setiap kegiatan belajar.
4. Kerjakan setiap tugas pada pada setiap kegiatan belajar.
5. Tidak dibenarkan melanjutkan kepada kegiatan belajar berikutnya, apabila pada kegiatan belajar yang bersangkutan belum tuntas.

D. Tujuan Akhir
Anda diharapkan mampu memahami dan mengaplikasikan marketing online ini dalam kehidupan sehari-hari untuk memulai membangun sikap Enterpreneur dan berwirausaha sendiri.

E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.

1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan seharihari.

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR

2. Menghayati dan
Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif
dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati;
bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan
berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas seharihari
sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
3. Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam
bidang kerja yang spesifik
untuk memecahkan masalah.
3.1. Menjelaskan konsep pemasaran
online.
3.2. Merancang pembuatan website.
3.3. Memahami konsep SEO.
3.4. Menerapkan pemasaran online
dengan menggunakan/
memanfaatkan media sosial.
3.5. Menerapkan pemasaran online
dengan menggunakan surat
elektronik.
3.6. Menerapkan iklan PPC
menggunakan Google Adwords.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait
4.1. Mempresentasikan konsep
pemasaran online.
4.2. Mengoperasikan website.
4.3. Menggunakan konsep SEO.
4 Direktorat Pembinaan SMK (2013)
Pemasaran Online l
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan
langsung.
4.4. Mendemontrasikan pemasaran
online dengan menggunakan/
memanfaatkan media sosial.
4.5. Mendemontrasikan pemasaran
online dengan menggunakan
surat elektronik.
4.6. Merancang iklan PPC
menggunakan Google Adwords.
F. Cek Kemampuan Awal
Keluarkanlah selembar kertas, beri nama Anda dan jawaban pertanyaan
dibawah ini.
1. Apa yang dimaksud dengan Internet?
2. Apa yang dimaksud dengan pemasaran?
3. Apa yang Anda ketahui tentang marketing online?
4. Apa yang dimaksud dengan surat elektronik(email)?
5. Apa yang Anda ketahui tentang media sosial?
6. Apa yang dimaksud dengan Iklan?
7. Apa yang Anda ketahui tentang iklan online?

%d blogger menyukai ini: